Home ~ Tips Kehidupan ~

Tiga Kata Ajaib

Tiga Kata Ajaib

4 Feb 2009

Blog Cerita Inspirasi Kategori Tips Kehidupan

tigaAku mau bagi sedikit tips.. yang dulu pernah aku baca dari sebuah bukuku.. tapi udah lama banget, aku juga udah lupa judul dan siapa pengarangnya.. tapi yang jelas aku masih inget betul inti tips ini.. soale tiga kata ini masih aku pegang sampe sekarang .. Tiga kata ini pernah memberi arti tersendiri dalam hidupku, membawa perubahan besar dalam fase-fase hidupku beberapa tahun lalu..

Tiga kata ajaib itu ialah :

1. MAAF

sorryJangan segan-segan untuk mengucapkan maaf. Mungkin sebagian orang merasa pantang untuk mengucapkan kata ini, karena banyak anggapan bahwa orang yang meminta maaf akan dianggap lemah, kalah, atau tidak berdaya..

Benarkah ?

Tidak !!  kata maaf dapat memunculkan sifat rendah hati, “Maaf” membuat kita bisa menerima keadaan diri kita.. sebagai seorang manusia biasa, yang nggak mungkin luput dari kesalahan.

“Maaf” dapat membantu kita dalam ‘proses mengampuni’ diri sendiri – yang pada akhirnya dapat membawa ke proses ‘mengampuni orang lain’. “Maaf” bukan berarti kalah, sebaliknya, maaf membuat kita belajar menghargai orang lain yang pada akhirnya akan membawa ‘kemenangan tak terduga’ pada diri kita – “Maaf” memberi pelajaran bahwa ‘kebenaran adalah hak bagi semua orang’.

Bahkan, kadangkala “maaf” dapat membuat musuh-musuh kita malu, malu akan dirinya sendiri, malu akan kesombongan dan keangkuhan yang selalu ia pegang selama ini (Apalagi kalau dia betul-betul tahu bahwa sebenarnya kesalahan ada pada dirinya sendiri).

Dan jangan takut untuk meminta maaf !!! dan jangan pernah khawatir “Maaf”-mu tidak  diterima.. Bukankah di dalam lubuk hati terdalam setiap manusia, akan selalu ada keinginan untuk memaafkan dan mengampuni orang lain ?

So.. Jangan ragu-ragu untuk mengucapkan kata “Maaf” – dan buka hati anda, serta hancurkan kesombongan itu !

2. TOLONG

helpSetiap orang tahu, kalau kita adalah makhluk sosial – makhluk yang tak mungkin mampu hidup sendiri tanpa orang lain. So.. kata “Tolong” adalah kata yang ‘sangat wajar diucapkan’.

“Tolong” membuat kita menyadari keterbatasan-keterbatasan yang ada dalam diri kita.. “tolong” membuat kita ‘lebih mampu’ menerima diri kita sendiri – secara apa adanya. “Tolong” membuat kita lebih mampu untuk melihat secara jernih.. apa yang bisa dan apa yang tidak bisa kita lakukan – dan dalam proses lebih lanjut hal ini dapat membantu kita untuk menerima setiap kekurangan yang ada dalam diri kita.

Sebagian orang merasa ‘malu’ untuk berkata “tolong” ..kenapa ? karena secara tidak sadar kita memang ‘terdidik’ untuk menjadi ‘mandiri’..  MANDIRI ? .. TIDAK !! Mandiri bukan berarti kita tidak membutuhkan orang lain, mandiri bukan berarti menjadi egois dan tidak pernah melibatkan orang lain. Mandiri adalah sebuah proses penemuan jati diri – dan setahuku kata “Tolong” akan sangat dibutuhkan untuk menuju kemandirian.. dan jika tidak – anda akan tersesat kepada keegoisan semata.

Jangan ragu-ragu untuk meminta tolong kepada seseorang.. tahukah anda bahwa di dalam hati seseorang pasti selalu ada keinginan untuk menolong orang lain ? bahwa selalu muncul harapan agar bisa membantu dan berarti bagi orang lain ? Yup !! ini adalah insting alami yang diberikan Tuhan kepada setiap manusia.

So.. hargailah orang lain dengan meminta ‘tolong’ kepada dia.. buatlah dia merasa berharga di hidupmu, biarkan dia merasa lega dan bahagia karena bisa menolong anda.. Jangan malu untuk meminta tolong kepada orang lain.. termasuk orang-orang yang anda benci – karena biasanya kebencian itu akan ‘runtuh’ saat kasih mengalir dalam sebuah pertolongan yang tulus.

3. TERIMA KASIH

thanksTerima kasih ? yup.. kata-kata yang sering kita lupakan saat kita menerima bantuan dari orang lain. Memang, bagi sebagian orang – sangat sulit untuk mengucapkan ini. Kenapa? karena “terima kasih” membutuhkan ketulusan, “terima kasih” membutuhkan tatapan mata yang hangat, “terima kasih” membutuhkan sentuhan kasih…  sudahkah kita lupa akan hal-hal ini ?

Kita harus menyadari, bahwa sebenarnya bantuan yang diberikan orang lain kepada kita – apapun itu – tidak akan bisa tergantikan. Banyak orang berusaha ‘membalas budi’ kepada orang lain.. tetapi seringkali hal ini malah melahirkan kekecewaan bahkan permusuhan.

Kenapa ? karena tidak akan ada budi yang bisa terbalaskan.. mata tidak mungkin diganti dengan mata – gigi tidak  mungkin digantikan dengan gigi – dan hidup tidak akan mungkin digantikan dengan hidup !

Bagaimana jika yang memberi bantuan tersebut adalah bukan orang yang kita kenal ? bagaimana jika yang memberi bantuan tersebut adalah orang tua kita ? bagaimana jika yang memberi bantuan tersebut adalah seorang malaikat ? dan bagaimana jika yang memberi bantuan tersebut adalah Tuhan ? mampukah kita ‘membalas-Nya’ ?

Jawabannya simpel : MAMPU !!

Tuhan telah merakit dua kata ini untuk anda.. TERIMA KASIH !! dua kata ini sudah mewakili semuanya. Dua kata ini sudah mewakili balasan apapun yang pernah diberikan oleh orang-orang di sekitar anda. Kata ‘terima kasih’ yang anda ucapkan – mewujudkan bahwa pertolongan yang dia berikan adalah pertolongan yang tak terbalaskan – pertolongan yang sangat berarti bagi hidup anda.

sudah berapa lamakah anda mulai ‘lupa’ mengucapkan kata-kata ini kepada orang tua, teman, atau Tuhan ?

Saya jadi ingat – ketika saya diwisuda – yang berarti awal kedewasaan hidup saya – saya bersujud dan mengucapkan ‘terima kasih’ kepada Bapak saya, yang sebagai single parent telah menjaga dan membiayai sekolah saya dari kecil.. dan tahukah apa yang terjadi ? kami menangis bersama ! sebuah hal yang sangat langka di keluarga kami.. segala kebencian dan permusuhan itu.. semuanya hancur lebur di hari wisudaku.. berganti dengan pelukan dan ciuman kasih perdamaian.. aku mulai tahu bahwa “Terima Kasih” juga mempunyai kekuatan dahsyat yang luar biasa..

Terima kasih.. dapat membuat anda belajar menghargai orang lain, dapat membuat anda ‘berdamai’ – dengan sesama, dengan alam.. dan dengan Tuhan..

Tiga kata diatas adalah tiga kata yang luar biasa – mampu merubah apa yang tidak mungkin menjadi mungkin – tiga kata yang bisa merubah seluruh siklus hidup menjadi lebih baik.. semoga..

OK.. that’s all my tips for today.. see u..

.

34 Komentar di “Tiga Kata Ajaib”

 

|
  1. ArieL, FX mengatakan:

    kalo cium aku?

    ajaib gag ya?

    hehe 😀

  2. upik mengatakan:

    3 kata yang mujarab, yang ajaib, yang bisa merubah keadaan, rasa dan perasaan..
    Info yang bagus, postingan yang sangat berguna.
    Salam kenal dariku ya… :-)

  3. misae mengatakan:

    bener banget tuh.
    kadang kita susah banget ngomong terimakasih ke orang..
    *salam kenal =)

  4. arji mengatakan:

    untuk tiga kata di atas memang belum banyak yang benar2 terbiasa mendengar dan mengucapkan..

  5. sistimojoyo mengatakan:

    klo “kasih” …… gimana tuh???

  6. kang agus mengatakan:

    mantab..info yang yang sangat manfaat ijin track back ya gan…

  7. […] Dikutip dari : cerita Inspirasi […]

  8. AVATAR mengatakan:

    SEPURANE mas JOD,aku melok nyebarne artikel iki nang konco2ku.
    TULUNG;sampean golek maneh artikel sing dahsyat ,yo…
    MATURNUWUN,Mugo2 manfaat kanggo konco2 kabeh.

  9. Dman mengatakan:

    Betul banget…. teruslah berkarya.

  10. rika ramlan mengatakan:

    kata maaf yg palin sulit di lakukan tp abis baca ini akan aku coba…siip

  11. fadel syamsir mengatakan:

    sdh melakukannya walaupun kadang luput. (banyak luputnya kalle ya?
    hallah!)
    tapi akn berbeda muatannya setelah baca note ini.
    Trims.

  12. andhini mengatakan:

    3 kata yang kerap dianggap remeh, tp memiliki makna yang luar biasa…

  13. Hermansyah mengatakan:

    Banyak Pelajaran besar yang terkadang kita lewati dalam hidup ….

  14. siti zulaikha mengatakan:

    mantaaap bgt , boleh minta buat di copy kan . makasih byk yaak . buat lgi dong yang bisa nambah perngetahuan serta semangat hiduppp …

  15. proton11 mengatakan:

    bgusssss!:bd
    menginspirasiiii…
    izin copas yaah!!

  16. must_once mengatakan:

    Trims infonya

  17. surahman mengatakan:

    maaf tolong ya diizinkan ntuk copas,trims.

  18. sysbudiharob mengatakan:

    terus kan karyamu sy suka tulisan anda izin copi

  19. zQa mengatakan:

    Inspiratif^^

  20. tika mengatakan:

    bermanfaat bgt note nya. ijin copas ya…

  21. muf mengatakan:

    inspirasi yang luar biasa.. thx

  22. taTik mengatakan:

    3 kata sederhana, tapi sulit utk di ungkap kan ^^

  23. Anonim mengatakan:

    Bagus sekali artikelnya

  24. jasa keren mengatakan:

    yaaaaap setuju banget gan

  25. Delip Nugraha mengatakan:

    Klo boleh Jujur … selama saya membaca artikel-artikel yang lain tentang motivasi … Baru kali ini membaca rtikel yang Sangat Luar Biasa … Terima Kasih ^^

  26. andy mengatakan:

    Gw ada Pertanyakan,mohon Ditanggapi y!!!
    Gw Slalu nolong Orang Tapi gw engan minta Tolong sama Orang.
    Jadi menurut kamu itu salah gk?
    kasih saran “y”

  27. Anken mengatakan:

    Terimaksih Infonya Gan

  28. moReno mengatakan:

    terimakasih infonya.,..

  29. putra mengatakan:

    delip bner bget tuh…cerita inspiratif yg kata”terima kasih” cerita tentang wisudanya menyentuh bget..smpai” kluar air mta. sngguh luar biasa 3 kta itu.sukses utk artkelnya..qu ska bget..cerita inspiratif ini.

  30. siti hasanah mengatakan:

    semoga aku menjadi orang yang lebih baik setelah membaca cerita insfirasi ini..thanks for your attention..
    \

  31. anggi mengatakan:

    ini adalah kata” yang bener” membuat saya merinding,kata” yang sering saya dengar,tapi mempunyai arti sedalam itu,lanjutkan tulisan” mu min
    salam kenal =)

  32. Andy Benu mengatakan:

    Sungguh sangat keren trima kasih karna lewat tulisan ini pasti dapat merubah hidup saya….

  33. yedi mulyadi mengatakan:

    sebenarnya untuk kata-kata ini sederhana sekali tapi kata ini bisa mengahancurkan hati yang keras,sekeras karang. mksh untuk informasinyaa

 

|

 

 

Tulis Komentar

Copyright © 2010 CeritaInspirasi.net. All rights reserved. Powered by Gravis Web Design