Home ~ Tips Kehidupan ~

Sempurna Tanpa Cacat

Sempurna Tanpa Cacat

21 Sep 2010

Blog Cerita Inspirasi Kategori Tips Kehidupan

sempurnaTanpa cacat? sempurna? Hmm.. mungkin itu yang dicari atau justru menjadi tujuan dari hidup seseorang. Orang yang memulai wirausaha atau usaha kecil, tentu ingin bisnis perdagangan tersebut berjalan sempurna dan bisa mendatangkan kekayaan. Seorang seniman juga selalu berharap semua karyanya bisa sempurna tanpa cacat. Perfeksionis sering disebut sebagai sifat yang melekat pada seseorang yang selalu ingin semuanya sempurna. Tapi apa kesempurnaan itu? mungkin beberapa larik cerita di bawah ini bisa sedikit memberi arti atau setidaknya bisa memberi gambaran tentang pencapaian kesempurnaan termasuk efek sampingnya.. ^^

———-

Good night bro..!

Aku tidak tahu bagaimana awalnya, tapi yang jelas aku selalu ingin semuanya sempurna. Aku menghendaki apa saja yang ada di sekitarku selalu tanpa cacat. ‘Baik’ masih belum cukup, harus ada sesuatu yang membuatnya terlihat ‘luar biasa’. Intinya, tidak ada kata ‘standar’ dalam kamusku, semua harus sempurna.

Pernah aku menghapus file dan langsung lakukan perintah empty recycle bin pada sebuah file Photoshop hanya karena aku tidak menemukan sesuatu yang luar biasa pada desain tersebut. Padahal, aku sudah mengerjakannya selama berhari-hari. Pernah juga secara spontan aku langsung membuang makananku hanya karena pembantuku lupa menaruh merica pada ayam goreng kesukaanku.

Kerjakan secara sempurna, atau tidak sama sekali!

Lambat laun, aku berubah menjadi seorang penuntut. Aku ingin setiap orang bisa mengikuti prinsipku. Entah, berapa kali teamwork yang bekerja denganku tercerai berai karena kerasnya hatiku. Tapi aku tidak menyerah. Toh, setiap orang selalu memuji kesempurnaan karya-karyaku.

Tetapi apa yang terjadi? Aku mulai kesepian di sini. Semua anggota teamwork-ku memang takut dan tunduk dengan semua perintahku, tetapi aku mulai sadar bahwa tidak ada dari mereka yang menghormati aku – bahkan tidak ada dari mereka yang menyayangi aku. Aku mulai merasa ‘sendiri’. Semuanya seperti sedang berjalan meninggalkan aku. Ketika aku menangis, aku merasa semua sedang mentertawakanku. Dan ketika aku tertawa, tidak ada satupun yang mau tertawa bersamaku. Hidup dan hatiku menjadi sangat menyedihkan.

Di tengah keterpurukanku, dan seiring dengan kedewasaanku, aku menyadari bahwa memang tidak ada yang selalu sempurna. Ternyata, butuh waktu yang sangat panjang danΒ  pelajaran menyakitkan untuk memahami bahwa kesempurnaan bukanlah tanpa cacat.

Aku mulai belajar, bahwa kesempurnaan adalah tentang bagaimana menerima ketidaksempurnaan itu sendiri. Sempurna adalah kemampuan untuk menerima ketidaksempurnaan sebagai bagian dari kesempurnaan. Kesempurnaan adalah saat kita dapat merasuk dalam hati seseorang untuk menemukan mutiara diantara bungkus-bungkusnya yang penuh cacat. Kesempurnaan adalah saat kita dapat memahami luka sebagai tekstur kehidupan. Itulah kesempurnaan sejati.. itulah yang aku dapati dari keterpurukan ini.

Ya, masa-masa pekat itu memang sudah berlalu. Aku sudah bisa memahami semuanya sekarang. Ya, aku memang masih perfeksionis, aku masih ngotot untuk membuat design dan menghasilkan ide-ide terbaik, aku masih mengkoleksi gadget terbaru dan memastikan apa yang ditanganku selalu modern, dan aku masih memastikan tidak ada noda sedikitpun di layar monitorku.

Tetapi ada yang berubah sekarang, aku tidak melukai orang lain karena keinginanku, aku tidak akan mengorbankan kepentingan, kebahagiaan, apalagi hidup orang lain untuk mengejar kepuasanku. Dan lebih dari itu, aku telah belajar untuk menerima orang lain dan terutama diriku sendiri.. yang juga tidak sempurna..

OK, bro.. semoga kau bisa ikut belajar dari ini semua.. salam untukmu..!

.

(Ditulis dari cerita dan penuturan seorang sahabat yang enggan ditulis namanya. Makasih, Mas..Β  May success always be with u..Β  ^^ )

.

A beautiful thing is never perfect.. ^^

.

51 Komentar di “Sempurna Tanpa Cacat”

 

|
  1. Gek berkata:

    I hate perfectionist… πŸ™‚
    Karena yang sempurna itu cuma Tuhan.
    And.. I like the last sentence..

    “A beautiful thing is never perfect….”

  2. Abi Sabila berkata:

    kesempurnaan yang hakiki hanyalah milik Allah, bukan milik makhluk. Karena itu semestinya kita manusia sadar diri bahwa kita saling membutuhkan, saling melengkapi. kalaupun ada kelebihan pada diri kita, itu karena kekurangan orang lain, begitupun sebaliknya. saling menghargai, salaing menghormati dan menyadari bahwa sesama manusia memiliki kekurangan sekaligus kelebihan.

  3. Yolis berkata:

    “a beautiful thing is never perfect” –> setuju bangeettt ^^

    ketidaksempurnaan merupakan hal yang indah, dengan begitu maka manusia akan dapat saling melengkapi satu sama lain πŸ˜‰

  4. Zippy berkata:

    Wuih..keren tulisannya.
    Banyak hal yang bisa dipelajari soal kesempurnaan.
    Hmmm…bener juga yah, kesempurnaan itu ada ketika kita menerima ketidaksempurnaan dalam diri kita πŸ™‚
    Nice article πŸ™‚

  5. Dinohp berkata:

    Benar bang, kita tdk bisa memaksa orang lain jadi diri kita..

  6. ajeng berkata:

    Ada yang bilang kalau kita sempurna justru karena ketidak sempurnaan kita..

  7. Kakaakin berkata:

    Peribahasa : “tak ada gading yang tak retak” πŸ™‚

  8. angel berkata:

    sempurna? face reality πŸ™‚

  9. fanny berkata:

    nobody is perfect.

  10. Haeruna berkata:

    @ fanny
    nobody is perfect —> slogan mlm fashion πŸ™‚

  11. kyaine berkata:

    tenggang rasa perlu pengorbanan.
    tetapi klo sdh menjadi kebiasaan apalagi kebutuhan, hidup menjadi seimbang: saling memberi dan membutuhkan

  12. Louhan berkata:

    Aku seorang melankolis, yg juga menginginkan kesempurnaan apapun itu

  13. joe berkata:

    tapi di dunia ini tak ada yang sempurna …

  14. don’t be a perfectionist
    ga ada yang sempurna di muka bumi ini
    kecuali DIA

  15. okta berkata:

    uuuuhhh bagus banget…

  16. Dodi berkata:

    Manusia yg tidak sempurna saja sudah banyak yg menjadi sombong, apalagi kalau tercipta sempurna.

  17. hanifimahaldi berkata:

    ceritanya bagus, seperti penjabaran atas pengalaman, salut telah dapat merubah sudut pandang perfectsionis, karena memang tidak ada yang sempurna kecuali Sang Pencipta.

  18. aranaiya berkata:

    kecacatan ku inilah yg membuatku terlihat sempurna dan sedrhana……apa betul yah….

  19. kyra.curapix berkata:

    berkunjung dengan senyuman.,..

  20. kang sugeng berkata:

    nice inspiration mas jodi, thanks, sesungguhnya tdk ada yg sempurna di alam semesta ini kecuali Dia Sang Maha Pencipta segalanya

  21. Fir'aun NgebLoG berkata:

    Sebenarnya, manusia itu diciptakan oleh Tuhan dengan sempurna [sesuai dengan keinginan-Nya] tanpa cacat, atau pun gagal produk. cuma barometer kesempurnaan tsb lah yg tidak dipahami manusia! apalagi klo manusia tidak mengerti fungsi” dari ciptaan-Nya…

  22. Bukan Teroris berkata:

    Nice opinion…. i like your thinking,

  23. anak nelayan berkata:

    berusaha untuk menjadi yang sempurna tidak ada salahnya
    walaupun kesempurnaan hanya milik yang maha kuasa

  24. kunto berkata:

    kita permudah kata2nya menjadi toleransi pada perbedaan standar sempurna masing2 pribadi. hehehe
    menurut sy jgn takut menjadi idealis walaupun orang lain tidak menyukai, selama kita dapat toleransi pada ketidaksempurnaan (bc: ketidaksempurnaan menurut kita).
    good,,,….

  25. the others... berkata:

    Cerita inspirasi benar2 memberikan inspirasi. Tak rugi aku dah mampir kesini…

  26. catatan kecilku berkata:

    Segala sesuatu yang terlalu memang tak bagus.. Sempurna itu bagus, tapi kalau menuntut kesempurnaan di segala hal tentu saja tak bagus… karena manusia tak ada yang sempurna.
    Alhamdulillah… sahabatnya udah menyadari kesalahannya dan memperbaikinya. Memang tak menyenangkan hidup sendiri di tengah hiruk pikuk dunia ini…

  27. anurai berkata:

    mencoba untuk sempurna…

  28. Conledy berkata:

    This is the wonderful thing i spend long time to find it.

  29. Glugu berkata:

    Kesempurnaan takpernah indah…jalan menuju kesempurnaan lah yang begitu mempesona….

  30. nuri berkata:

    cerita ini mengingatkan aq tentang apa yang sudah terjadi di masa lalu, thx buat pengingat. i like this.

  31. Dwi Wahyudi berkata:

    Artikelnya mantap bro, sungguh menginspirasi. Memang terkadang kita menemukan typical temen yg seperti itu, perfeksionis banget. Tidak boleh ada cacat sedikitpun dalam pekerjaannya, padahal kita tahu bahwa tidak ada di dunia ini yang sempurna kecuali Allah SWT. Dan sebenarnya bete banget jika harus menjadi bagian tim yang dipimpin oleh seseorang yang perfeksionis, yang pasti CAPEK DEH…

  32. Septirani berkata:

    wow tulisannya sempurna!! hehe,,
    kesempurnaan hanya milik Tuhan,kita yang diciptakan hanya bis berbuat yang terbaik..

  33. Grace berkata:

    Being happy doesn’t mean that everything is perfect.
    It means that you’ve decided to look beyond the imperfections.
    _author unknown_

  34. ibnu berkata:

    for me, just be perfectly imperfect and you’ll be fine πŸ™‚

  35. vina berkata:

    seperti sentilan buat aqu..thx yaaa,aqu akan belajar untuk kita menuntut sampai melukai orang dii sekitar quu..
    GBU

  36. bondan berkata:

    justru kesempurnaan dari manusia ialah ketidaksempurnaan yang dia miliki..knp??
    krn dengan begitu kita bisa saling melengkapi satu dengan yang lainnya

  37. manusia kerdil berkata:

    ‘like this’…

  38. Nurul Eka berkata:

    ijin share yah, nuhun

  39. ricky berkata:

    sempurna?
    hm,… setelah hembus nafas telah lepas dr raga kita dan… dan beryukur jika kita adalah salah satu yg dapat bertemu yg maha sempurna itu..

  40. jamal yasier berkata:

    tak ada yang sempurna yang ada hanya orang yang mencoba untuk menjadi sempurna !

  41. ruri berkata:

    seseorang tidak akan pernah bahagia ketika ia memaksakan kehendaknya kepada orang lain dan menuntut sebuah kesempurnaan….

  42. jamal yasier berkata:

    kesempurnaan itu bagus pertahankan tetapi yang g bagus dihilangkan …

  43. noven berkata:

    aq suka cerita mue bro.. pengalaman itu sangat berharga, terimakasih atas cerita mue, semoga membawa berkah dan manfaat bagi yang membaca artikel ini…amin

  44. wawan berkata:

    sip..sip…apik…apik…

  45. sayyidina abdul fattah berkata:

    betul sekali..sekarang saya paham bahwa bukan kesempurnaan yang di cari..tapi ke tenangan yang paling penting dalam hidup

  46. jasa keren berkata:

    cukup lakukan saja yg terbaik dalam menjalankan apapun yang ada didepan kita, tidak usah terlalu banyak mengeluh, mantep min artikelnya πŸ˜€

  47. evelin berkata:

    great… life is not perfect, but life is beautiful….(by jaeson ma)

  48. terima kasih informasinya sangat meng inspirasi

  49. blog ops berkata:

    tidak ada manusia yang sempurna

 

|

 

 

Beri komentar untuk Septirani

Copyright © 2010 CeritaInspirasi.net. All rights reserved. Powered by Gravis Web Design