Home ~ Lain-Lain ~

Review Artikel – Anti Korupsi Blogpost Competition

Review Artikel – Anti Korupsi Blogpost Competition

18 Feb 2010

Blog Cerita Inspirasi Kategori Lain-Lain

ReviewHingga saya menulis ini, tercatat sudah ada 50 artikel yang sudah didaftarkan. Wow.. sambutan yang luar biasa.. terutama bagi saya yang baru pertama mengadakan kontes seperti ini. Penutupan masa pendaftaran kompetisi ini pun masih lumayan lama, yaitu hingga tanggal 4 maret 2010 – atau sekitar setengah bulan lagi. Terima kasih saya ucapkan kepada sahabat-sahabat yang sudah berpartisipasi, sedangkan yang belum – masih saya tunggu.. ^^

Dari sekian banyak artikel yang masuk, banyak hal yang bisa didapatkan jika dibaca satu per satu. Ada yang berusaha mengkritisi kasus-kasus korupsi di sekitarnya seperti masalah kontribusi KTP hingga pengalaman seorang teman kantor yang korupsi. Beberapa sahabat juga menawarkan solusi-solusi praktis untuk menyelesaikan masalah korupsi, dari membuat website khusus koruptor, pendidikan khusus anti korupsi, dan pengembangan kinerja efektifitas Satgas PMH. Solusi-solusi unik pun juga turut ditawarkan oleh blogger, seperti membuat status ‘koruptor’ pada KTP, kurangi tayangan TV dari luar negeri, hingga membuat film khusus untuk korupsi.

Ada juga yang menulis bahwa solusi pemberantasan korupsi harus diawali dari lingkup terkecil, yaitu diri sendiri dan keluarga. Contohnya seperti artikel milik Bayu Lebond, Widi Amalia, Yolis, WaroengKemanx, Latifah, Shaleholic, TugasKuliah, dan agusta.

Pendekatan yang lebih spiritual juga tidak luput sebagai dasar kajian masalah korupsi. Seperti yang ditulis oleh buwel, Kang Boed, New Soul, dan Ilyasafsoh. Peningkatan kualitas aparat dengan menggelar training leadership juga turut di bahas oleh Aanworld. Sedangkan mas Ivan tetap pada jalurnya dengan mengkaji Korupsi dari kacamata sastra.

Saat menjelajahi artikel peserta, saya juga menemui banyak cara yang cukup unik dalam menyampaikan aspirasinya. MatahariTimoer misalnya, yang mengandaikan dirinya sebagai seorang koruptor kelas kakap yang tak terjamah hukum. Atau Aditya yang mengumpamakan negeri ini sebagai sebuah komputer, dimana korupsi diibaratkan sebagai virus yang mengobrak-abrik fragmentasi file didalamnya.

Tulisan CeletukanSegar juga cukup unik, ia bercerita tentang pengalaman 10 hari pertama seorang koruptor yang dipenjara. Bang DinoeDasbos pun tak mau kalah unik, ia menulis hubungan antara Handphone dan korupsi – cukup aneh memang, tetapi ada muatan-muatan tersendiri dalam tulisannya.. cek aja langsung.. ^^

Terlalu banyak jika saya membahas semua artikel yang sudah masuk satu per satu. Tetapi pada dasarnya semua sudah tergolong di atas standar. Karakter penulis (bahkan karakter blog) pun tetap muncul dalam artikel, tetapi tetap tidak melupakan tema utamanya.. Salut untuk tulisan sahabat semua. Tidak percaya? klik saja seluruh artikel terdaftar yang terdapat pada widget di samping satu per satu..

Hmmm…Β  Melihat artikel temen-temen pun juga membuat saya geregetan untuk ikut-ikutan menulis tentang korupsi.. mungkin akan saya postingΒ  sesudah artikel ini..Β  hehe.. (tapi gak dilombakan loh..)

.

Kapan artikel dinilai?

Artikel akan dikumpulkan dan mulai dikaji oleh Tim Editorial Delta Media mulai 5 Maret 2010 – yang berarti artikel terdaftar masih bisa diedit ulang oleh penulisnya sebelum pendaftaran ditutup.

Selain itu, sebelum dinilai artikel harus lulus beberapa persyaratan administratif, seperti menyertakan link yang menuju ke www.ceritainspirasi.net dalam tubuh atau akhir artikel, serta terdapat banner kompetisi dalam widget/sidebar blognya.

Panjang artikel juga akan menjadi pertimbangan tersendiri, sekalipun hal ini tidak bersifat mutlak (masih tetap pada status ‘disarankan’). Lebih lengkap mengenai tahap-tahap penulisan artikel dapat dilihat pada page Pendaftaran.

Contoh artikel yang sudah memenuhi syarat untuk dinilai dapat dilihat pada tulisan bang Attayaya dan MasIchang ; So.. jika artikel terdaftar belum memenuhi beberapa persyaratan, bisa diedit ulang sebelum tanggal 4 Maret 2010.

————————————-

Bagi sahabat-sahabat blogger yang belum tahu tentang Anti Korupsi BlogPost Competition, uraian tentang kompetisi ini bisa dibaca di artikel “Anti Korupsi Blogpost Competition“. Sedangkan kelengkapan kompetisi dapat dilihat pada menu Kompetisi, Pendaftaran, dan Banner.

Saya masih menunggu tulisan temen-temen.. dan terima kasih pula buat sahabat-sahabat yang sudah mendaftarkan artikelnya… matur nuwun atas partisipasinya yaaa.. ^^

OK.. that’s all for now..

87 Komentar di “Review Artikel – Anti Korupsi Blogpost Competition”

 

  1. hendriawanz berkata:

    Wah, ternyata ada yang sudah menulis artikel tentang status koruptor di KTP ya..:D Salam bro
    Demi menjunjung tinggi etik dan respek terhadap segala karya, perkenanlah saya dengan hormat menyampaikan sepatah dua patah kata:
    1. Saya belum pernah membaca artikel sobat-sobat semua yang berkait ide status koruptor di KTP.
    2. Ide utama saya adalah pembuatan tatto “K” di pipi. Pemberian label koruptor pada KTP merupakan ide yang muncul juga di benak saya, mendampingi ide utama saya, pembuatan tatto “K” di pipi. Pada saat menulis, saya mempertimbangkan kemungkinan tatto tersebut bisa dihapus di mana saja. Oleh karena itu saya berusaha memikirkan langkah-langkah antisipatif, dan muncullah ide label koruptor tidak hanya pada KTP namun juga SIM, untuk mengawal tatto “K” di pipi sampai akhir masa hukuman. Dalam keseluruhan artikel, ide utama saya tetap tatto “K” di pipi, dari awal hingga akhir artikel.

    Dengan demikian kiranya kita semua selalu terhindarkan dari kesalahan komunikasi, dan sebaliknya kita makin bersemangat bersama-sama membangun bangsa. Salam untuk kita semua!

    • Joddie berkata:

      ho..ho.. tidak apa-apa mas.. kesamaan ide itu biasa kok.. ^^ gak usah terlalu dikhawatirkan..
      kalo semua artikel itu diubek-ubek lagi.. mas juga akan temui beberapa artikel dengan ide yang cukup-cukup mirip.. tapi karena ditulis oleh orang yang berbeda, tentunya cara pengungkapannya pun lain-lain..
      tetep semangat yaaaa….. ^^

  2. masichang berkata:

    wah luar biasa ya mas, betapa bangsa ini sudah muak dengan segala bentuk praktek korupsi.

    saya masih memiliki 2 ide tulisan tentang korupsi ini. akan saya coba realisasikan nanti sebelum deadline…semoga berhasil

  3. mt berkata:

    wah kerja keras nih bro!

  4. Yolis berkata:

    Aku mo posting lagiii!! Just wait n see.. πŸ˜‰ *halaaahh.. Gayanya* :p

  5. thanks infonya mampir lagi sekalian tukaran link banner and follow yuk.

  6. prof. helga berkata:

    artikel saya sudah masuk.
    tks.

  7. jhoni berkata:

    gyahahahaha ayo semangat!!!! yang mau ikutan segera daftar ayooooooo!!!!!!……………………….

  8. masichang berkata:

    mas.. link untuk masichangnya salah tuh..heheheheh. boleh kan protes..kan sekalian ngiklan…makasih

  9. julie berkata:

    nanti aku ikut koq mas masih di draft tungguin ya πŸ™‚

  10. presy__L berkata:

    hehe.. ikut kompetisi beginian akhirnya bisa juga nulis sambil mikir. hehe..
    aku dah ikutan mas kompetisinya. mudah2an bisa buat seru-seruan πŸ˜€

  11. ilyasafsoh.com berkata:

    aku belumbisa menyumbang banyak sobat πŸ™‚

  12. rusydi berkata:

    boleh gak blogdetik gak?

  13. aan berkata:

    makasih mas,udah di review ,sebenernya ngga PD ikutan kompetisi ini,tp demi belajar nulis gpp lah,,hikz
    btw boleh di edit lagi ya,,

  14. agusta berkata:

    wuih telat baca updatenya nih mas joddie, tapi bener-bener disini terkumpul penulis-penulis yang handal (kecuali saya tentunya. hehe) yah harapannya sih bisa nyantol tuh salah satu artikel yang saya ikutin lomba, tapi kalo belum ya gapapa. yang penting udah ikut berjuang dalam upaya pemberantasan korupsi dan udah ikut ngeramein lomba Solusi Pemberantasan Korupsi Ala Blogger.

    sukses selalu mas

  15. RCA102,5FM berkata:

    KONTES YG MAS SELENGGARAKAN INI MENARIK BANGET. SALAH SEORANG REKAN KAMI YAITU MAS IVAN SAMPE2 PINJEM LAPTOP BEBERAPA HARI HIHIHI…

  16. RCA102,5FM berkata:

    KONTES YG MAS SELENGGARAKAN INI MENARIK BANGET.

  17. Bayu Lebond berkata:

    laik…jeneng ku ono neg kene…dadi isin aku (karo kemanyu)

  18. shaleh berkata:

    Wahhh, banyak juga yang ikut, jadi minder nieh … bisa menang ga ya? Ngedit dulu ah …

  19. shaleh berkata:

    akhirnya bisa juga edit ulang …. fuihhh. semoga bisa memenuhi syarat …

  20. Badruz berkata:

    wow..ramai sekali Mas..

    terima kasih atas koreksinya…

    semoga sukses acaranya.

  21. dinoe berkata:

    makasih bang saya udah direview….di tunggu nih, artikel nya…selmat pagi ya bang..met weekend dan sukses selalu……

  22. waroeng coffee berkata:

    cuma ingin mendoakan semoga kompetisi ini berjalan sukses πŸ™‚

  23. harto berkata:

    selamat berlomba & selamat berkompetisi smg sukses selalu n tetap semangat.

    ayooo…. kita sama2 berantas yang namanya korupsi, mulai dari diri kita sendiri, kel, saudara, tetangga, masyarakat serta bangsa kita ini.

  24. ajeng berkata:

    Terus semangat untuk sharing kebaikan ya mas. Pengen ikut, tapi artikelnya nggak jadi-jadi. Hehehe…

  25. achoey berkata:

    Dahsyat

    Akhirnya saya bisa turut berpartisipasi πŸ™‚

  26. C'nG berkata:

    Ah, ramai nian neh kompetisi…..ikut ah…..

  27. Newsoul berkata:

    Mampir sambil ngupi sore. Semoga kompetisi ini sukses, bermanfaat dan barokah. Terimakasih juga sudah mampir Jod.

  28. damai berkata:

    wah, jadi pengen nyoba ni…
    salam damai,

  29. ivan kavalera berkata:

    Assalamualaikum, mas Joddie. Apa kabar? Wah, mantap. Semakin banyak artikel peserta ya. Semoga ide-ide mereka bisa menjadi masukan berharga bagi para penentu kebijakan di republik ini.

  30. hanif IM berkata:

    wah, semoga menang, saya lagi ikut kontes di tetangga. hehe…

  31. Kristanto Wds berkata:

    Keren-keren yang pada ikutan kompetisi….

  32. Joddie berkata:

    @dinoe, waroeng coffee, harto, achoey, newsoul, C ‘n G, ivan, hanif, kristanto: makasih atas kunjugan, komentar, dan partisipasinya yaaa… ^^
    @ajeng, damai, : makasih atas kunjungannya, dan saya tunggu artikelnya.. hehe…

  33. bang FIKO berkata:

    Salut untuk Cerita Inspirasi dot net dan juga semua peserta yang telah berpartisipasi. Ini bukan cuma tentang siapa yang menang dan siapa yang kalah, tapi ini lebih kepada bagaimana kita menjaga agar semangat berbagi yang kita miliki tetap ada dan berkesinambungan.

  34. buwel berkata:

    wah, moga makin banyak pesertanya neh Mas…..terus terang ini buwel pertama kali ngikutan kontes… heheheh

  35. a-chen berkata:

    Siiip Mas, moga sukses neh acara ini, sayapun sekedar meramaikannya saja….
    dan inipun kontes pertama saya yang saya ikuti….

  36. omnunu berkata:

    saya sangat senang berada di kompetisi ini, semoga berjalan lancar ya mas.

  37. liudin berkata:

    saya sudah memasang banner untuk kompetisi ini.
    tapi hanya bisa tampil ketika dilihat dari opera saja, sedangkan dari firefox tidak bisa terlihat, apakah keberatan jika saya download banner dan menaruhnya melalui hosting saya sendiri?

    terima kasih sudah menjadi sarana untuk motivasi berkarya dalam tulis menulis.

  38. attayaya berkata:

    review lengkaaaaap kaaap kaaaap….
    mari berbagi pikiran untuk menghilangkan korupsi di muka bumi
    keep fight…
    keep spirit……

  39. Joddie berkata:

    @buwel. achen, om nunu, attayaya: yup.. great thanks juga buat sahabat-sahabat semua.. ^^

  40. Cyber Katrox berkata:

    Wah ramai juga ya… kompetisinya. Kalau ada waktu luang saya akan coba untuk mengikutinya. Maklum masih sibuk nih.

  41. w.i.d.i. berkata:

    oke lah klo begithu… mas jodie… punyaku aku teliti lagi.. sdh penuhi syaratnya belom ya?.. hueheuheuheu.. πŸ˜‰

  42. farus berkata:

    wah boleh nih aku ikut…daftar….masih bisa ga ya …?

  43. bri berkata:

    selamatt pagiii sahabat pena

  44. anazkia berkata:

    Alhamdulilah, bisa juga masuk ke blogmu mas… Mas, punyaku ada 5 halaman. Harus edit lagi gak yah?

  45. shalimow berkata:

    makasih postingnya mas,
    rame ya
    linknya
    mantabbb

  46. gandolin berkata:

    salam kenal pak
    blognya cakeeeep
    tx

  47. penulis genit berkata:

    mantabbbb postingnya
    baca ampe abis nich

  48. Tips Google berkata:

    mantap bro,,,sukses ama kontesnya πŸ˜€

  49. elistadyon berkata:

    selamat sore bang joddie…wah semakin seru aja tuh

  50. elistadyon berkata:

    selamat sore bang joddie wah semakin seru aja tuhhhh

 

 

 

Tulis Komentar

Copyright © 2010 CeritaInspirasi.net. All rights reserved. Powered by Gravis Web Design