Home ~ Lain-Lain ~

Review Artikel – Anti Korupsi Blogpost Competition

Review Artikel – Anti Korupsi Blogpost Competition

18 Feb 2010

Blog Cerita Inspirasi Kategori Lain-Lain

ReviewHingga saya menulis ini, tercatat sudah ada 50 artikel yang sudah didaftarkan. Wow.. sambutan yang luar biasa.. terutama bagi saya yang baru pertama mengadakan kontes seperti ini. Penutupan masa pendaftaran kompetisi ini pun masih lumayan lama, yaitu hingga tanggal 4 maret 2010 – atau sekitar setengah bulan lagi. Terima kasih saya ucapkan kepada sahabat-sahabat yang sudah berpartisipasi, sedangkan yang belum – masih saya tunggu.. ^^

Dari sekian banyak artikel yang masuk, banyak hal yang bisa didapatkan jika dibaca satu per satu. Ada yang berusaha mengkritisi kasus-kasus korupsi di sekitarnya seperti masalah kontribusi KTP hingga pengalaman seorang teman kantor yang korupsi. Beberapa sahabat juga menawarkan solusi-solusi praktis untuk menyelesaikan masalah korupsi, dari membuat website khusus koruptor, pendidikan khusus anti korupsi, dan pengembangan kinerja efektifitas Satgas PMH. Solusi-solusi unik pun juga turut ditawarkan oleh blogger, seperti membuat status ‘koruptor’ pada KTP, kurangi tayangan TV dari luar negeri, hingga membuat film khusus untuk korupsi.

Ada juga yang menulis bahwa solusi pemberantasan korupsi harus diawali dari lingkup terkecil, yaitu diri sendiri dan keluarga. Contohnya seperti artikel milik Bayu Lebond, Widi Amalia, Yolis, WaroengKemanx, Latifah, Shaleholic, TugasKuliah, dan agusta.

Pendekatan yang lebih spiritual juga tidak luput sebagai dasar kajian masalah korupsi. Seperti yang ditulis oleh buwel, Kang Boed, New Soul, dan Ilyasafsoh. Peningkatan kualitas aparat dengan menggelar training leadership juga turut di bahas oleh Aanworld. Sedangkan mas Ivan tetap pada jalurnya dengan mengkaji Korupsi dari kacamata sastra.

Saat menjelajahi artikel peserta, saya juga menemui banyak cara yang cukup unik dalam menyampaikan aspirasinya. MatahariTimoer misalnya, yang mengandaikan dirinya sebagai seorang koruptor kelas kakap yang tak terjamah hukum. Atau Aditya yang mengumpamakan negeri ini sebagai sebuah komputer, dimana korupsi diibaratkan sebagai virus yang mengobrak-abrik fragmentasi file didalamnya.

Tulisan CeletukanSegar juga cukup unik, ia bercerita tentang pengalaman 10 hari pertama seorang koruptor yang dipenjara. Bang DinoeDasbos pun tak mau kalah unik, ia menulis hubungan antara Handphone dan korupsi – cukup aneh memang, tetapi ada muatan-muatan tersendiri dalam tulisannya.. cek aja langsung.. ^^

Terlalu banyak jika saya membahas semua artikel yang sudah masuk satu per satu. Tetapi pada dasarnya semua sudah tergolong di atas standar. Karakter penulis (bahkan karakter blog) pun tetap muncul dalam artikel, tetapi tetap tidak melupakan tema utamanya.. Salut untuk tulisan sahabat semua. Tidak percaya? klik saja seluruh artikel terdaftar yang terdapat pada widget di samping satu per satu..

Hmmm…¬† Melihat artikel temen-temen pun juga membuat saya geregetan untuk ikut-ikutan menulis tentang korupsi.. mungkin akan saya posting¬† sesudah artikel ini..¬† hehe.. (tapi gak dilombakan loh..)

.

Kapan artikel dinilai?

Artikel akan dikumpulkan dan mulai dikaji oleh Tim Editorial Delta Media mulai 5 Maret 2010 – yang berarti artikel terdaftar masih bisa diedit ulang oleh penulisnya sebelum pendaftaran ditutup.

Selain itu, sebelum dinilai artikel harus lulus beberapa persyaratan administratif, seperti menyertakan link yang menuju ke www.ceritainspirasi.net dalam tubuh atau akhir artikel, serta terdapat banner kompetisi dalam widget/sidebar blognya.

Panjang artikel juga akan menjadi pertimbangan tersendiri, sekalipun hal ini tidak bersifat mutlak (masih tetap pada status ‘disarankan’). Lebih lengkap mengenai tahap-tahap penulisan artikel dapat dilihat pada page Pendaftaran.

Contoh artikel yang sudah memenuhi syarat untuk dinilai dapat dilihat pada tulisan bang Attayaya dan MasIchang ; So.. jika artikel terdaftar belum memenuhi beberapa persyaratan, bisa diedit ulang sebelum tanggal 4 Maret 2010.

————————————-

Bagi sahabat-sahabat blogger yang belum tahu tentang Anti Korupsi BlogPost Competition, uraian tentang kompetisi ini bisa dibaca di artikel “Anti Korupsi Blogpost Competition“. Sedangkan kelengkapan kompetisi dapat dilihat pada menu Kompetisi, Pendaftaran, dan Banner.

Saya masih menunggu tulisan temen-temen.. dan terima kasih pula buat sahabat-sahabat yang sudah mendaftarkan artikelnya… matur nuwun atas partisipasinya yaaa.. ^^

OK.. that’s all for now..

87 Komentar di “Review Artikel – Anti Korupsi Blogpost Competition”

 

  1. Joddie mengatakan:

    @penulis genit, Tips Google, elistadyon: makasih yaaaa…. ^^

  2. julie mengatakan:

    masih mikir

  3. Budi Mulyono mengatakan:

    Mas Joddie,,, editnya di blog kita aja ya??? Masih bingung nie mau di edit apa gak???

  4. and1k mengatakan:

    wah ngadakanlomba nih mas kalo daftar sekarang telat gakmas

  5. djanuar mengatakan:

    wah… telat abis nih. sayang baru tau sekarang. hmmm

    kapan ada lagi ya ????

    *mengapatidak*

  6. Achmad Zaini Nawawi mengatakan:

    Korupsi itu seperti tikus dirumah saya selalu menggrogoti makanan, terus dan terus sampai kucing aja takut sama tikus itu padahal kucing makanannya tikus.

  7. filda mengatakan:

    pemimpin korupsi tpi tdak memikirkan rakyat kecil yang ada di daerah2 trpencil
    makan aja susah
    tolong di tingkatkan anti korupsinya ya………….terima kasih
    filda lasi dari propinsi ntt kab soe kec panite desa oebelo.

 

 

 

Tulis Komentar

Copyright © 2010 CeritaInspirasi.net. All rights reserved. Powered by Gravis Web Design