Home ~ Tokoh Inspiratif ~

Prinsip Einstein

Prinsip Einstein

3 Okt 2009

Blog Cerita Inspirasi Kategori Tokoh Inspiratif

Albert EinsteinSiapa yang tak kenal dengan tokoh ini? dia adalah seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar abad ke-20. Dia mengemukakan teori relativitas, mekanika kuantum, mekanika statistik, dan kosmologi. Dia juga pernah dianugerahi Penghargaan Nobel Fisika pada tahun 1921 – untuk penjelasannya tentang efek fotoelektrik dan “pengabdiannya bagi Fisika Teoretis”. Bahkan, hingga saat ini Einstein selalu dijadikan sebagai simbol ‘kecerdasan’ atau ‘kejeniusan’ itu sendiri.

Tetapi  Albert Einstein juga bukan sekedar ilmuwan melulu. Di sisi lain, Einstein sangat ahli memainkan biola. waktu muda, ia sangat terkenal dengan permainan biolanya. Ia sangat mahir memainkan berbagai musik klasik, dari Mozart hingga Beethoven. “Life without playing music is inconceivable for me.” katanya. Bahkan konon, istri keduanya jatuh cinta pada Einstein gara-gara terkesan pada permainan biolanya.

Yup.. Einstein memang seorang penderita disleksia. Tapi justru sindrom inilah yang membuat ia berbeda dengan ilmuwan biasa. Beberapa ahli berpendapat bahwa disleksia-lah yang menyebabkan einstein tumbuh menjadi seseorang yang multitalent dan ‘lain’. Cara pandang, proses berpikir, dan output yang dihasilkan Einstein selalu tidak bisa ditebak, dia bisa menghasilkan sesuatu yang belum pernah terlintas dalam pikiran orang biasa.

Einstein juga seorang filsuf. Beberapa tulisannya mengenai filsafat dan prinsip hidup telah berhasil mencengangkan orang-orang pada jamannya.  Apa saja prinsip-prinsip hidup yang pernah dihasilkan dari otaknya? uraian berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Ilmu Pengetahuan
Ilmu pengetahuan adalah pencapaian terbaik bagi seluruh umat manusia, sekalipun cuma dihasilkan oleh beberapa gelintir manusia saja.

Otoritas
Hidup telah membuat saya memiliki otoritas – terhadap hidup saya sendiri.

Kebenaran
Lebih mudah mengatakan kebohongan – daripada mengenali kebenaran.

Kerjasama
Lebih dari seratus kali sehari – saya mengingatkan diri saya, bahwa saya hidup – karena hasil kerja keras orang lain. Baik yang masih hidup maupun yang sudah mati. Maka, saya harus bekerja keras – untuk memberikan sesuatu yang sebanding – dengan yang telah dan yang masih saya terima – hingga hari ini.

Kebijaksanaan
Kebijaksanaan bukan sebuah produk dari sekolah, dibutuhkan waktu seumur hidup untuk mencapai kebijaksanaan.

Kebahagiaan
Seseorang bahagia jika dia bisa hidup pada saat ini. Jika seseorang terlalu banyak berpikir tentang hari esok, maka  dia akan kehilangan kebahagiaannya.

Terkenal
Ketenaran hanya membuat seseorang menjadi semakin bodoh dan bodoh.

Hidup
Hidup itu suci, hidup adalah nilai tertinggi dari semua yang ada.

Kedewasaan
Aku akan disebut dewasa – saat tidak ada orang yang mengingatkan saya -  bahwa saya lupa memakai kaos kaki.

Kehormatan
Bekerja adalah satu-satunya cara untuk membuat seseorang menjadi tidak gila hormat.

Teori Relativitas
Satu jam duduk bersama seorang gadis cantik terasa seperti satu menit, tetapi duduk di atas kompor selama satu menit akan terasa seperti satu jam.

Takut
Ketakutan dan kebodohan biasanya menjadi dasar – atas semua tindakan manusia.

Tujuan
Jangan tentukan tujuan hidup yang simpel dan mudah dicapai. Tetapi tentukan tujuan hidup yang sulit dan tidak masuk akal, agar engkau akan dapat mengupayakan seluruh hidupmu untuk mencapainya.

Rasisme
Satu-satunya cara menangkal rasisme adalah dengan pendidikan dan pencerahan, tetapi ini akan memakan waktu  lama dan sangat melelahkan.

Kesendirian
Saya selalu hidup sendiri dan diasingkan sewaktu muda, tetapi kesendirian dan pengasingan itu berhasil membawa saya – di tengah kerumunan orang sewaktu saya tua.

Nilai
Cobalah untuk tidak hanya berusaha menjadi orang sukses, tetapi berusahalah untuk menjadi orang yang bernilai.

Imajinasi
Imajinasi dan kreatifitas lebih penting dari seluruh ilmu pengetahuan yang ada.

(dari berbagai sumber)

- Klik di sini untuk membaca biografi Einstein.
- Klik di sini untuk mengetahui karir musik Einstein (PDF file).
- Klik di sini untuk mengetahui tentang disleksia.

46 Komentar di “Prinsip Einstein”

 

|
  1. Anime7 Graphic mengatakan:

    Buseng nembreng mas Jod…
    Bagus juga artikel nya, Nyang kyk bgini nih tipe tipe org Idealis tapi dapat di pertanggung Jawabkan.

    Memang kalo fikiran kita terlalu sempit memandang sesuatu alias monoton/dangkal atau berpendidikan tapi formalitas pasti nggak bakal masuk akal deh.

  2. yolis mengatakan:

    “Cobalah untuk tidak hanya berusaha menjadi orang sukses, tetapi berusahalah untuk menjadi orang yang bernilai” aku suka banget kalimat yg itu mas ^^

    btw,, kok mirip seseorang yah Einstein ini… ;)

  3. jhoni mengatakan:

    nah ini dia seorang fisikawan sekaligus humanis yang sangat menginspirasi banyak orang….

    saya pernah baca beberapa hal tentang Einstein diatas tapi saya lupa di buku apa heheheheh………

  4. jhoni mengatakan:

    eh sob minta tolong untuk bantu pilih komik saya agar menang poling ya disini

    http://dokterkomik.blogspot.com/2009/10/hf-competition-1-polling.html

    pilih komik doujinshi naruto thanks ya!!!!

  5. Itik Bali mengatakan:

    Saya selalu terobsesi dengan Einstein
    kelihatannya tidak pandai
    tapi pandai

  6. Edda mengatakan:

    wah emg multi talent bgt ya, pinter bgd mpe rambutna rontok begono :p

  7. dewimeira mengatakan:

    kreativitas dan imajinasi lebih tinggi dripada ilmupengetahuan…

  8. morishige mengatakan:

    kata-kata einstein tentang kebahagiaan itu bagus banget..

  9. idham mengatakan:

    tentang kedewasaan, enstein pasti sering lupa pakai kaos kaki…

  10. hopskole mengatakan:

    Saya setuju dengan Einstein bahwa imajinasi dan kreatifitas itu lebih penting. Orang pinter belum tentu sukses, namun orang kreatif sudah tentu dia akan menjadi sukses :D

  11. Henny mengatakan:

    weits..bicara tentang einsten..

  12. guskar mengatakan:

    sepak terjang Einstein telah menginspirasi banyak orang.. tp sedikit yg bisa seperti dia..

  13. Wandi thok mengatakan:

    Saya sosok Einstein pada aspek kecerdasannya mas Jodie. Tengs yah dah nambah ngilmu dari mbaca sosok beliawo. :lol:

  14. Wandi thok mengatakan:

    Mangsut saya, saya suka mas, bukan saya sosoknya, mohon mangap tadi kelupaan. :roll: :lol:

  15. Aneka Tips mengatakan:

    Einstein… :D , kok anaknya ga kaya dia ya?

  16. Wow…. hebat bngt memang ni orang. Prinsipnya juga oke, saya benar2 terpesona dibuatnya

  17. Tukang Komen mengatakan:

    Imajinasi dan kreatifitas lebih penting dari seluruh ilmu pengetahuan yang ada.

    Einstein memang Ilmuwan segala jaman, selalu memberi inspirasi pada Ilmuwan lain untuk menemukan sesuatu yang lain, dia salah satu idolaku mas…
    btw, tinggal di Nusukan yah…. tetanggaan donk berarti sama mertuaku, mertuaku di nayu barat, dekat garasi Muncul. Ya deh nanti pas pulang ke solo bisa mampir yah….

  18. aan cerdass mengatakan:

    kadang ngerasa aneh aja sama sosok einstein… otaknya mengerikan… hahha…

  19. attayaya mengatakan:

    wah aku baru tau neh kata bijak einstein

    mohon maaf baru bisa berkunjung balik neh

  20. christie mengatakan:

    waduh..mantap ah postingannya.
    menginspirasi banget.
    Saya sendiri masih belajar untuk melakukan point ini :
    Nilai
    Cobalah untuk tidak hanya berusaha menjadi orang sukses, tetapi berusahalah untuk menjadi orang yang bernilai.

  21. bang FIKO mengatakan:

    Keren postingannya… Aku melihat sisi lain Albert Enstein.

  22. ILYAS AFSOH mengatakan:

    asyik ini inspire nya

  23. info Lowongan kerja mengatakan:

    ilike einstein tanks

  24. Kang Sugeng mengatakan:

    ternyata saya sudah ke sini kemarin Kang, hehehehe….. sekarang gantian kang jodi dong yg main ke tmpt saya

  25. yatie mengatakan:

    wew..perasaan kemarin saya udach ngaseh koment dech..koq ngga ada ych, kemana tuw ngumpetx..

    bener tuw kata om einstein Lebih mudah mengatakan kebohongan – daripada mengenali kebenaran..

  26. ndop mengatakan:

    tulisan ngene iki entuk teko ndi to jod???

  27. ridho B mengatakan:

    saya demen ama kata kata yang ini
    “Cobalah untuk tidak hanya berusaha menjadi orang sukses, tetapi berusahalah untuk menjadi orang yang bernilai”

  28. anjar coy mengatakan:

    weleh2,…..top markotop tenan eyang einstein iki he he,…..

  29. Ahmad Nanang mengatakan:

    Luarbiasa, Einstein is the best quality human!!! Saya terinspirasi pada prinsip tujuan yang di sampaikan olehnya. Prinsipnya itu menggugah saya untuk menggapai impian menjadi sepertinya, semoga impian itu bisa tercapai… Amin….! Salam calon Einstein ke 2, ” Ahmad Nanang “

    • ode mengatakan:

      jika kita berpikir seperti EINSTEIN maka kita harus bisa mengenal diri kita sendiri dan menguasai alam pikir kita ,,,jika hal tersebut tidak kita laksanakan niscaya kita akan mengalami suatu penyAkit yang dinamakan STRESSSS,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    • ode mengatakan:

      saya terinspirasi dengan kata-kata “IMAJINASI DAN KREATIFITAS LEBIH PENTING DARI PADA ILMU PENGETAHUAN YANG ADA”…………..

  30. AVATAR mengatakan:

    mbah EINSTEN,Hadirlah dalam mimpi bunga wangi tidur kami anak anak muda ,ajari kami tentang apa yang belum kau tahu.barangkali kami bisa melanjutkannya
    heheheheheheheheheheh…………..

  31. AVATAR mengatakan:

    mbah EINSTEIN,Hadirlah dalam mimpi bunga wangi tidur kami anak anak muda ,ajari kami tentang apa yang belum kau tahu.barangkali kami bisa melanjutkannya
    heheheheheheheheheheh…………..

  32. AVATAR mengatakan:

    mbah EINSTEIN,Hadirlah dalam mimpi bunga wangi tidur kami anak anak muda ,ajari kami tentang apa yang masih ingin Dikau mengerti.barangkali saja kami bisa melanjutkannya
    heheheheheheheheheheh…………..

  33. danis mengatakan:

    your is my inspiration

  34. Agni mengatakan:

    Einstein salah satu inspirator terbaikku..

  35. syafiul umam mengatakan:

    luar biasa…..

  36. ShelFy mengatakan:

    So Proud oF him….

  37. iin mengatakan:

    bener” patut diacungi jempol…..

  38. jhires koha mengatakan:

    kekurangan bukan berarti menghambat kita untuk menjadi sukses, tapi kekurangan lah yang menjadi motivasi untuk sukses….karna sudut pandang kita akan berbeda dari orang lain…..

  39. baron mengatakan:

    i pengagum einstein,,, oke banget. i suka dengan klimt “aku akan disebut dewasa, jika tak seorangpn yang mengingatkn aku bahwa aku lupa menggunakn akos kaki

  40. nani mengatakan:

    ,wow banget
    inspiratif tingkat tinggi :-)

  41. Simon Ono Sutono mengatakan:

    Mantaaap… tulisan yang inspiratif dan memberikan gagasan. Boleh ya, saya bagikan dengan anak didik dan anak-anakku. Semoga dari mereka muncul Einstein2 yang lain dengan jati diri mereka tentunya

  42. Voucher Pendidikan mengatakan:

    Terima kasih gan atas informasinya:)

  43. SEKAR mengatakan:

    OK BANGET EYANG EINSTEIN,your is my inspiration ,KEREEN :-D

  44. MasAlfa mengatakan:

    einstin memang selalu inspiratif sepanjang masa..idola saya itu pak

 

|

 

 

Tulis Komentar

Copyright © 2010 CeritaInspirasi.net. All rights reserved. Powered by Gravis Web Design