Home ~ Tips Kehidupan ~

Live in Your Life..

Live in Your Life..

31 Jul 2009

Blog Cerita Inspirasi Kategori Tips Kehidupan

Seribu kata cintaBeberapa waktu lalu.. karena urusan hidup dan berbagai manifestasi di dalamnya, aku harus ikut berbagai personality training, bukan pelatihan kepribadian loh.. tapi personality training yang diturunkan langsung dari Atas Sono. Yup, sebuah kejadian yang tidak mampu aku cerna pada awalnya, tetapi memberi dampak dan pengertian yang luar biasa pada diriku. Hmm.. asyik juga tuh, yang jelas aku bisa dapet banyak banget pelajaran. Ada beberapa bagian dari jiwa ini mulai terbuka.. saat satu per satu ‘kursus’ itu disajikan.

Dari sekian banyak materi, ada satu materi yang cukup menarik.. bukan sekedar karena Pengajarnya yang cantik dan luar biasa.. tapi aku menemukan banyak sekali esensi penting dari hidup ini sendiri. Hal-hal itu juga yang akan aku bagi kali ini.. memang sih, aku nggak isa ingat semuanya.. tapi setidaknya beberapa poin utamanya sudah tercantum.

—–

Pribadi yang luar biasa akan selalu berdekatan dengan keajaiban-keajaiban. Ada sebuah hal yang sangat unik ketika kira melihat ada orang yang bekerja 7 hari seminggu.. siang dan malam, tetapi hidupnya tetap saja seperti itu. Tetapi di sisi lain ada orang-orang yang bisa bekerja secara biasa-biasa saja.. ia dapat meraih banyak kesuksesan dalam waktu yang cukup singkat, sekalipun dulu ia miskin. Hidupnya selalu dipenuhi dengan keajaiban dan keberuntungan, ia seolah selalu lekat dengan dua hal itu tadi..

Untuk selalu dekat dengan keajaiban-keajaiban tersebut.. minimal, ada tiga hal yang harus dipahami dalam hidup ini. Yaitu:

1. Melihat Semua Sebagai Anugerah

Yup.. mungkin semua tahu, yang dimaksudkan adalah ‘bersyukur atas semuanya’. ‘Semua’ di sini bukan sekedar rahmat Tuhan terhadap hidup kita sendiri.. tetapi benar-benar SEMUANYA.. Jika engkau belum bisa melihat bagaimana langit bisa berwarna biru, bagaimana air selalu mengalir ke tempat yang rendah, dan bagaimana burung bisa bernyanyi  sebagai sebuah keajaiban.. engkau belum bisa dianggap bersyukur.

Bumi ini indah, dan telah diciptakan sempurna sebagaimana adanya. Terdiri dari tatanan makrokosmos dan mikrokosmos yang sedemikian rumitnya.. di mana semuanya membentuk sebuah mata rantai yang berujung pada hubungan sebab dan akibat. Memang di sana ada kekerasan, kemunafikan, penipuan, atau apalah.. tapi ini hanya sebuah bagian dari roda yang terus berputar.. untuk mencapai pada sebuah keseimbangan.

Rubahlah cara pandangmu terhadap semesta dan lingkungan sekitar. Bukankah hanya orang-orang yang mengenal keajaiban itu sendiri yang bisa dekat keajaiban? bagaimana keajaiban itu bisa datang dalam hidup anda jika anda sama sekali tidak mengenal.. bahkan tidak bisa melihatnya?

2. Cintai dan Hargailah Hidup

Hargai hidup ini sebagai mukjijat. Bukan hanya sebagian dari hidup anda saja.. melainkan seluruh hidup anda. Termasuk setiap perlakuan tidak enak, setiap kebencian, setiap kesialan, setiap sakit, setiap kemarahan. Hidup bisa diartikan pula sebagai kenyataan yang kita hadapi setiap hari. ‘Menerima kenyataan’ hanyalah sebagian dari mencintai hidup.. dan itu masih belum cukup.. anda harus ‘mencintai kenyataan’ itu sendiri sebagai sebuah bagian dari rantai kehidupan seperti yang telah dibahas di atas.

Apa yang kita lakukan dan ucapkan, bahkan yang kita pikirkan dan rasakan.. akan selalu berpengaruh terhadap lingkungan sekitar.. setiap aura – entah positif maupun negatif yang terpancar dalam diri anda, akan terserap oleh alam.. membentuk sebuah lingkaran besar hubungan timbal balik alam semesta – yang pada akhirnya akan berbalik pada diri anda sendiri. Beberapa orang menyebutnya sebagai karma, sebagian lagi ada yang menyebutnya sebagai hukum tabur-tuai.

Kadangpula lingkaran ini mengalami berbagai penguatan di sana sini, sehingga akibat yang ditimbulkannya juga bisa berlipat ganda.. taburkan kebaikan.. maka anda akan menerima kebaikan pula, lengkap dengan ketulusan dan senyuman.. dan taburkan angin, maka anda akan menuai badai.

3. Berterima Kasih

Berterima kasih berbeda dengan bersyukur. Bersyukur adalah rasa terdalam di hati.. bahkan di alam bawah sadar anda. Tetapi ‘berterima kasih’ adalah aplikasi dari rasa bersyukur itu sendiri. Berterima kasih adalah sebuah tindakan nyata yang harus anda lakukan sebagai tanda bahwa anda sedang bersyukur..

Mencintai sesama dengan tulus hanya salah satunya. Menghargai keluarga, memberi waktu yang cukup bagi mereka, dan bisa memberi apa yang mereka butuhkan adalah salah satu cara.. Jika mungkin, cobalah terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial.. bukan sekedar hanya agar terlihat, sebaliknya, sembunyikan itu.. biar alam saja yang tahu anda sedang berbuat itu..

Jika apa yang anda lakukan hanya sebatas ingin terlihat.. maka rantai balasan syukur sudah anda dapatkan.. dan sebagai akibatnya, alam akan urung membagi rantai balasan pada anda. Berikan tanpa harapkan apapun.. biarkan semuanya itu larut dalam air kehidupan, yang nanti pada waktunya akan mengalami banyak penguatan.. dan suatu saat alam akan membalasnya.. lengkap dengan bunga-bunganya.

Yup.. that’s all for now..  Thank u yah.. Mungkin, uraian di atas memang belum cukup untuk membuka semua misteri keajaiban di hidup ini.. kalo ada tambahan.. tulis komentar yah.. agar aku juga bisa ikut belajar.

22 Komentar di “Live in Your Life..”

 

|
  1. buwel mengatakan:

    wooooowwwww terimakasih sahabat….

  2. Dinoe mengatakan:

    Luar biasa ..sungguh artikel yang bagus…dan memberi hal yang sebenarnya dalam hidup

  3. yatie mengatakan:

    WaHhh..kebetulan banget ketemu ama postingan mengenai kehidupan, alx akhir2 nie saya lagi semangat2x nich ng’baca N mendalami artikel kehidupan dan artikel pengembangan diri.

    Oyyach semua uraian di’atas tak lupa juga kaitanx dengan arti sebuah kesabaran, Semoga dch kita bisa menanamkan di diri kita..

  4. PRof mengatakan:

    Melihat segalanya sebagai anugrah, karena setiap pemberianNya adalah bahan pembelajaran bagi kita.

  5. fanny mengatakan:

    yah..harus bersyukur selalu atas berkatNya. besar atau pun kecil. lam kenal juga. makasih sudah ke blogku.

  6. ani dwis mengatakan:

    mmmm..so nice..so good..

  7. yolis mengatakan:

    setuju mas.. segala sesuatunya tuh adalah anugrah.. Tuhan menguji umatnya karna Dia yakin kita mampu,, dan karna Tuhan sayang sama kita..

    setelah hujan badai pasti akan ada matahari kan :)

  8. faza mengatakan:

    hadddiiirrr….
    malam mingguan menyambangi sobatku sayang
    Hhh.., gara-gara ga bisa pulang neh….

    wow… mantep sekali mas, hidup itu memang menakjubkan bila kita mampu memahaminya, selalu ada yang baik biarpun kondisi terburuk tengah terjadi. keep the fight
    cu…

  9. attayaya mengatakan:

    terimakasih banyak atas pencerahannya

  10. guskar mengatakan:

    hidup ini mmg harus dihiasi dengan rasa syukur.. bg org lain mungkin itu sebagai keajaiban, tp bagi org yg bersyukur mmg itu sdh jatah yg diberikan oleh Tuhan kepadanya.

  11. Nursohib mengatakan:

    Trims kawan.. (mencoba berbenah diri).

  12. Pasang Iklan Baris mengatakan:

    Iya benar sekali, terima kasih,
    kita harus selalu menjadi orang yang pandai bersnyukur, karena setiap apa yang diberikan adalah rizki dan anugrah..
    mungkin kita yang masih kurang mengambil hikmah dari apa yang telah diberikan kepada kita!
    Stop Dreaming Start Action

  13. JONK mengatakan:

    wahhh, keren mas, hargai dan berterima kasih ,,,

  14. Itik Bali mengatakan:

    Yang penting mungkin menghargai diri sendiri
    bahwa kita ini terlahir sebagai individu yang punya kelebihan dan kekurangan

  15. Rusa Bawean™ mengatakan:

    hmm
    analisa yg bagus
    :)

  16. Neng Aia mengatakan:

    hidup untuk belajar. setiap hari kita mendapat pelajaran tentang kehidupan.

    halahh… apa ya??

  17. nanzzzcy mengatakan:

    wow.. mantabb.. pelajaran hidup yang berharga
    thanks udah diingatkan lagi :)

  18. ndop mengatakan:

    Nulis ngeneiki sumbere ga mungkin mung sak buku tok. iyo to jod?

  19. yasir mengatakan:

    Semua Dari Tuhan dan kembali kepada tuhan

    Apa yang mau kita banggakan dari apa yang kita punya jika nantinya yang kita bawa hanyalah sepotong kain kafan

    thanks , bagus karya tulis anda

  20. inyong bee mengatakan:

    itulah yang disebut sebagai orang-orang mukmin yang beruntung……mukminal muflihun….

  21. iyad mengatakan:

    semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi inspirasi semua orang . terus berkarya …

 

|

 

 

Tulis Komentar

Copyright © 2010 CeritaInspirasi.net. All rights reserved. Powered by Gravis Web Design