Home ~ Tips Kehidupan ~

Canting

Canting

17 Mar 2010

Blog Cerita Inspirasi Kategori Tips Kehidupan

Canting adalah sebuah pena tembaga yang digunakan untuk menorehkan cairan lilin pada kain -saat batik dibuat.  Setelah nyamplung terisi malam cair, canting ditiup dengan rasa oleh pemiliknya –  lalu.. dengan berirama canting mulai membentuk pola-pola cantik di atas kain mori putih. Pola-pola yang nantinya membentuk sebuah daerah pada kain..  mana yang boleh berwarna dan mana yang tidak -disaat nanti kain mori itu dicelup dalam tinta.

Canting bukan sekedar pena untuk menulis – lebih dari itu, canting adalah alat pelukis. Sebuah alat untuk membuat kain polos menjadi berwarna – dengan berbagai karakter soga – yang kelak menjadi ciri dan kebanggaan pemakainya. Jalur-jalur lilin pada kain yang tergores oleh cucuknya menjadi sebuah tanda kepada tinta bahwa daerah itu dilarang untuk dirasuki warna..

Canting bukan sekedar pensil yang bisa dihapus bekasnya. Sekali tergores.. cairan lilin akan tetap pekat di kain. Seolah-olah mengajarkan pada pemakainya bahwa apapun yang telah ditorehkan manusia dalam lukisan bumi tidak pernah bisa tercabut kembali…

Canting bukan sekedar kuas yang berserabut. Canting hanya memiliki sebuah ujung tunggal – cucuk yang memang dipersiapkan untuk  membuat garis tajam dalam satu kali goresan. Sebuah garis penanda antara gelap dan terang…

Filsuf singkat ini menginspirasi saya untuk membagi souvenir yang terbuat dari canting.  Canting yang sudah dirakit ulang oleh putri-putri Solo, hingga membentuk kupu-kupu untuk hiasan kaca. Souvenir canting ini saya bagi kepada sahabat-sahabat penerima Cerita Inspirasi 1st Anniversary Award beberapa waktu lalu -tentunya bagi yang sudah memberi alamatnya pada saya, yaitu Ofan, Elpa, Elistadyon, Syafwan, Cucu Haris, MatahariTimoer, Buwel, nDop, Attayaya, PRofijo, mBak Fanny, Bang Dinoe, Kang Sugeng, Yolistiayu, dan AnazkiaSemoga sahabat bisa menjadi canting abadi bagi batik ibu pertiwi.. ^^


.

72 Komentar di “Canting”

 

  1. PRof berkata:

    Wuih….!!! Selamat untuk para pemenang…!!

  2. Bayu Lebond berkata:

    kenapa setiap orang mbatik koq selalu ditiup sebelim menorehkan canthingnya kekain?…ternyata jawabannya adalah kalo disedot kan panas…wkwkwkwkwk
    —————————————–o0o———————————————-
    wah tenyata nama gw terpampang di daftar pemenang…harus ngubungin orang rumah neh buat siap-siap menyelenggarakan syukuran…tengkyuperimat bung…

  3. buwel berkata:

    wah, thanks neh mas chantingnya, bisa buat hadiah tuk mamihnya temenku…. soalnya beliau pembatik… ehheeh
    dan selamat tuk para pemenang semuanya ya… 🙂

  4. a-chen berkata:

    duh, ternyata canting filosofinya dalam juga ya……
    dan selamat tuk para pemenang… 🙂

  5. Fi berkata:

    awardnya keren,,, dan buat para pemenang lomba selamat yaa mereka memang layak mendapat apresiasi dari tulisannya yang berbobot.

  6. Dimas berkata:

    mas tukeran link ya, linknya sudah saya pasang tapi masih nofollow klo berkenan konfirm ya biar bisa diganti jadi ddofollow..
    silahkan cek pada huruf C….

  7. tugas kuliah berkata:

    selamat buat para champions..

  8. Itik Bali berkata:

    Aku sama sekali belum pernah lihat canting dalam bentuk nyata, hanya ;ewat gambar atau tayangan di ditivi aja…

    selamat buat penerima canting
    selamat juga buat para pemenang Blogpost competition

  9. shaleh berkata:

    Wess… udh pengumuman ya. Wah ga menang nie tp tak apa, diperbolehkan ikut aja udah trima kasih. He_
    Selamat buat para pemenang …

  10. guskar berkata:

    filosofi yg sangat pas untuk canting-nya mas

    dan…
    saya menyampaikan terima kasih, tim juri telah memilih tulisan saya masuk dalam 20 pemenang Anti Korupsi BlogPost Competition.
    kepada para pemenang lainnya saya ucapkan selamat
    sekali lagi, matur nuwun

  11. ajeng berkata:

    Saya penggemar dan pengagum batik, tapi baru tahu kalo ada filosofi dalam canting itu. Terima kasih infonya mas..
    Selamat untuk para pemenang..

  12. kang sugng berkata:

    wuaaaaaaa… ada nama saya juga, selamat selamat buat para pemenang, buat yg belum menang jng berkecil hati, karena dengan menelorkan tulisan ituh sesungguhnya kalian udah menang.

    Btw, saya blm prnh melihat canting dalam wujud aslinya.

  13. Bang Aswi berkata:

    Mantap yang menang-menang euy….

  14. alrezamittariq berkata:

    ?????????????????? wa syukurillah….
    Makasih banyak ya mas…..
    Haru diriku…hiks..hiks..this award is for you all..without you I’m nothing…(Wih kyk grammy award aja..wakakakak)….
    Buat pemenang yang lain…selamat yah…keep blogging teman teman….

  15. prof. helga berkata:

    yaah gue ga menang
    congrats buat yang terpilih deh
    hihihi
    *nangis bombay*

  16. Celetukan Segar berkata:

    Terima kasih sudah memilih artikel saya!

    Untuk para pemenang yang lain, saya ucapkan selamat!

  17. Rock berkata:

    Selamat untuk para pemenang…

  18. Usup Supriyadi berkata:

    TAHNIAH buat para pemenang, tetaplah dalam satu kata “TIDAK” untuk KORUPSI.

    PANTANG KORUPSI !

    Selamat dan Sukses Selalu !

  19. darahbiroe berkata:

    canting itu yg buat batik yaw kok gambarna kek gitu heheh
    selamat juga buat pemenang kontessss

  20. attayaya berkata:

    baru dapat khabar dari bung bayu lebond
    alhamdulillah
    mas jodie milih tulisan aku
    padahal tulisanku acakadut

    dobel terima kasih
    karena kebagian award juga

    salam blogger bertuah pekanbaru

  21. achoey berkata:

    Selamat buat para pemenang
    Dahsyat 🙂

    Asyik dapat canting 🙂

  22. ivan kavalera berkata:

    Terimakasih banyak kepada tim juri yang telah memilih salah satu artikel saya. Mas Jodie, terimakasih banyak. Selamat buat semua peserta, yang menang ataupun belum menang. Ini kemenangan bersama untuk gerakan pemberantasan korupsi.

  23. badruz berkata:

    Selamat untuk para penerima canting dari M Joddie…mantaaap.
    selamat juga untuk para pemenang blogpost competition ttg korupsi.

    terima kasih mas, artikel saya terpilih…
    86 kabar selanjutnya, he..he..

    salam.

  24. jhoni berkata:

    huhuhuhuhuhu………………….MAUUUUUUUUUUUUU…………………..!!!!!

  25. kang sugeng berkata:

    xixixi… sampai lupa blm ngucapin trimakasih.

    Trimakasih buat para juri yg telah memilih artikel saya sebagai salah satu pemenang.
    Trimakasih juga buat Mas Joddie, yg telah menyelenggarakan kompetisi ini.

    Ndak sabar pengin segera meniup cantingnya, heheee…

  26. rani berkata:

    waaaaahhh ada nama aku juga yah??xixixixixi
    kok aku bisa menang mas? alhamdulillah kalo gitu 😀

  27. Yolis berkata:

    oohh.. canting yah?? hehe.. sama neh aku juga belom pernah liat canting secara langsung… makasih buat souvenirnya yah mas, dan makasih juga buat tim juri yang udah milih artikelku, huhuhuhu… terharu euy! 😀

  28. Cyber Katrox berkata:

    Selamat buat para pemenang, semoga tidak berhenti untuk menulis.

  29. bri berkata:

    celamaaaattt..dan tetap cemangaaaaattt ^o^

  30. elistadyon berkata:

    alhamdulillah artikel saya masuk daftar…terima kasih mas joddie, terima kasih untuk para juri dan semua yang terlibat dalam kompetisi ini…untuk para pemenang saya ucapkan selamat

  31. rizal berkata:

    Terima kasih juga, artikel saya termasuk terpilih juga. Kepada yang lain tetap semangat menulis dan berkarya.. Sukses selalu.

  32. Jamil berkata:

    wah, ternyata postingku tidak masuk ya… selamat ya buat yang udah masuk. semoga korupsi cepet musnah dari negeri kita tercinta… amiin..

  33. Dinoe berkata:

    Selamat buat para pemenang, moga sukses selalu..dan moga ini jadi motivasi buat semangat untuk berkarya…
    ..salam..

  34. w.i.d.i. berkata:

    selamat yaa buat para pemenang kontes… biar tulisan saya gak kepilih.. saya tetap bahagia sudah bisa berpartisipasi… thanks to mas jodie yang membuat ajang kompetisi ini… dan yang paling penting… hidup anti korupsi… anti korupsi harus tetap hidup…!!! hueheuheuheu… ;-P’

  35. Dinoe berkata:

    Btw..makasih atas souvenirnya bang, dgn sangat bahagia saya menerimanya..
    ..salam..

  36. Djanuar berkata:

    wah aku telat…

    kapan ada lagi ya????

    jadi pengen ikut

  37. Anazkia berkata:

    Alhamdulilah, dapet souvenir 🙂 Alhamdulilah juga, entri saya menang 🙂 makasih yah mas, nggak nyangka bisa dapet juga 🙂 *kapan ngadain lomba lagi?* Lho,…. huehehehe…

  38. fanny berkata:

    horee..bang atta menang…horee.dpt canting. thanks ya.

  39. Harsudi berkata:

    Akhirnya penyelenggaraan kompetisi telah sampai pada pengumuman 20 artikel yang terpilih jadi pemenang. Alhamdulillah, artikel saya diberi kesempatan salah satu diantaranya.

    Terimakasih, kepada Panitia atas kerja keras dan kepeloporannya, menyelenggarakan kegiatan yang sangat positif, menyejukkan, dan memberi semangat untuk terus menulis sebagai wujud awal kepedulian terhadap gerakan anti korupsi di negeri kita, tanah tumpah darah tercinta.

    Benar sekali, …..canting abadi bagi batik Ibu Pertiwi. Canting adalah alat menorehkan cita rasa seni dari nilai kehidupan yang luhur dan selalu abadi di jagad raya ini. Diperlukan kesabaran dan ketulusan saat menorehkan motif di atas kain, sehingga menjadi karya batik yang menyimpan pesan-pesan …….bahwa hidup adalah cita rasa dan laku batin, ….jauh dari cinta gemerlap duniawi. Karena cinta duniawi-lah KORUPSI……..MERAJALELA.

    Selamat kepada para pemenang Anti Korupsi Blog Post Competition 2010. Partisipasi para peserta adalah kemenangan semesta bagi gerakan pemberantasan korupsi di Indonesia…

  40. MT berkata:

    alhamdulillah, aku akan simpan canting itu sebagai “ingatan” sebagaimana filosofinya.

    selamat kepada semua pemenang. dan selamat kepada Joddie and team yang telah bekerja keras, menggelar event yang brilian ini.

    terima kasih

  41. Mas Ben berkata:

    Horeeeeeeeeeeeeee.

    Salam bentoelisan
    Mas Ben

  42. masichang berkata:

    Alhamdulillah. terima kasih kepada mas jodie yang sudah susah payah memasukkan tulisan saya.
    selamat kepada seluruh pemenang juga. semoga semakin semangat nulisnya.

  43. ilyasafsoh.com berkata:

    selamat buat pemenang

  44. nietha berkata:

    Selamat ya buat para pemenang

  45. annie berkata:

    Alhamdulillah, Ya Allah. Terima kasih buat mas Joddie dan para juri yang berkenan menerima tulisan saya. Untuk para pemenang, selamat ya.

    Oya, Mas, canting kupu-kupunya bagus!

  46. annie berkata:

    Filosofi cantingnya jadi lebih menginspirasi untuk selalu menulis dengan cantik dan indah, Mas.

  47. agung berkata:

    sayang artikel saya tapi saya akan berusaha agar nanti kalau ada lomba sejenis saya bisa menang dan bikin bangga ortu kalau aktivitas ngeblog ini ga sia-sia dan bisa buat masa depan saya

    mas kasih info di blog saya ya kalau ada lomba lagi saya ikut deh dan berusaha bikin yang terbaik

  48. damai berkata:

    selamat, damai ucapkan
    semoga damai bisa turut menjadi canting bagi batik pertiwi

  49. 7 taman langit berkata:

    salam sejahtera
    saya ucapkan selamat kepada para pemenang
    karya mereka memang luar biasa

  50. salam sejahtera
    sebuah kehormatan bisa mengikuti lomba ini sekalipun tidak menang

 

 

 

Beri komentar untuk Cyber Katrox

Copyright © 2010 CeritaInspirasi.net. All rights reserved. Powered by Gravis Web Design